Definisi Kesejahteraan Sosial

Awal perkuliahan semester empat

Hari pertama untuk mata kuliah kesejahteraan sosial. Berdasarkan penjelasan Dosen saya dikelas, ada beberapa poin utama yang dapat saya tuliskan kembali mengenai konsep awal dari mata kuliah ini.

A. Konsep Kesejahteraan

Kesejahteraan sosial merupakan disiplin ilmu yang berada diantara ilmu-ilmu lainnya. Secara terminologis, Kesejahteraan sosial mengandung arti: aman, sentosa, makmur atau selamat (terlepas dari segala macam gangguan, kesukaran).

Beberapa pengertian kesejahteraan sosial dalam konteks intitusional

1. walter a. friendlander

kesejahteraan adalah suatu sistem yang terorganisir daripada usaha-usaha pelayanan sosial dan lembaga-lembaga sosial yang bermaksud untuk membantu individu-individu dan kelompok-kelompok agar mencapai standar-standar kehidupan dan kesehatan yang memuaskan serta hubungan perorangan dan sosial yang memungkinkan mereka memperkembangakan segenap kemampuan dan meningkatakan kesejahteraan mereka selaras dengan kebutuhan keluarga dan masyarakat.

2. PBB

pada mulanya PBB mengemukakan pengertian kesejahteraan sosial sebagai suatu keadaan atau kondisi sejahtera yang penuh, baik jasmani, mental maupun sosial dan bukan hanya keburukan-keburukan sosial tertentu saja. kemudian dinyatakan pula bahwa kesejahteraan sosial merupakan suatu kegiatan yang terorganisir.

3. Indonesia

Di Indonesia, pengertian kesejahteraan sosial telah dituangkan ke dalam UU No 6 tahun 1974 “tentang ketentuan-ketentuan pokok kesejahteraan sosial”, pasal 2 (1) yang berbunyi: “kesejahteraan sosial ialah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial materiil maupun spiritual yang diliputi rasa keselamatan, kesusialan dan ketentraman lahir bathin yang memungkin bagi setiap warga negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah, rohaniah dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak azasi serta kewajiban manusia sesuai dengan pancasila”

meskipun begitu, kesejahteraan sosial ini belum memiliki definisi yang dapat diterima secara universal, pengertian kesejahteraan sosial satu negara dengan negara lain berbeda-beda. hakekatnya perbedaan definisi ini berhubungan dengan keadaan dan perkembangan pekerjaan sosial disuatu negara yang bersangkutan, tujuan dan kedudukannya ditentukan oleh taraf perkembangan dan perundang-undangan sosial dinegara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s