Simulasi Mengajar

Semester tiga ini sebagian besar mata kuliah menuntut penyelesaian tugas dengan mempresentasikan hasilnya didepan kelas. Mulai dari mata kuliah belajar dan pembelajaran, psikologi pendidikan, kurikulum pembelajaran dan sampai pada pendidikan kewiraan. hm yang saya sebutkan barusan hanya sebagian kecil dari bagian besar yang ada. Observasi sana sini, meski diselingi dengan menginterpretasikan tugas yang keliru dan hasilnya kegiatan observasi yang diulang. Positifnya adalah berinteraksi dengan lingkungan baru, subjek baru, objek baru itu sangat sulit, sukar dan  merepotkan. Bisa dibayangkan bagi teman-teman mahasiswa yang harus belajar hal tersebut pada akhir perkuliahan semester enam atau lima. sedangkan saya beserta teman-teman sekelas sudah belajar hal tersebut dari awal-awal semester tiga. Mungkin bila ada kesempatan saya akan menuangkan semua hasil pembelajaran yang telah saya dapatkan pada semester tiga ini nanti. Dan untuk coretan saya kali ini, saya ingin berbagi sedikit mengenai salah satu tugas mengenai belajar dan pembelajaran PKK. Akhir perkuliahan dari matkul ini adalah masing-masing dari mahasiswa harus melakukan simulasi terkait materi pembelajaran yang telah diterima. Hal tersebut diwujudkan dalam mensimulasikan diri menjadi guru, bagaimana layaknya seorang guru. Penampilan, kepribadian, bahkan sampai cara berbicara pun harus secara detail diperhatikan. (nasib mahasiswa pendidikan) sudah sangat bisa dipastikan bahwa teman-teman mahasiswa lain non pendidikan tidak belajar ini. 

poin utama dari simulasi ini adalah, masing-masing dari kita harus mampu membuat Rencana Pelaksaaan Pembelajaran (RPP), awalnya mendengar kata tersebut asing ditelinga. Pembicaraan dengan ibu Neni diawal perkuliahan semester padat kemaren sangat membantu. setidaknya saya tahu apa itu RPP. membuat RPP, tahu wujudnya saja tidak mungkin isinya coretan-coretan yang dibuat guru pada saat ingin mengajar. Itu merupakan konsep awal saya mengenai RPP. Sedikit benar, meski sebagian besar salah. Tampil minggu kedua itu cukup menyulitkan, meski begitu setidaknya penampilan dari teman-teman yang tampil minggu kedua sangat membantu. Baik, setelah revisi sana sini dan simulasinya pun telah dilakukan. Saya tahu ini mungkin sedikit telat, tapi bisa jadi RPP saya ini bisa membantu teman-teman yang sedang sama-sama belajar dalam hal buat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran🙂

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.    Identitas Mata Pelajaran

Satuan Pendidikan                  :           Sekolah Menengah Kejuruan

Kelas                                       :           X (Sepuluh)

Semester                                 :           II / Genap

Mata Pelajaran                         :           Menerapkan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan hidup (K3LH)

Pertemuan ke                           :           1 (satu)

Alokasi Waktu                           :           1 x 15 menit

 

B.     Standar Kompetensi :    

Memahami Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja

C.    Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

D.    Indikator Pencapaian Kompetensi :

  1. Menjelaskan pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
  2. Mengidentifikasi tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
  3. Mengetahui Peralatan Keselamatan Kerja dan Perlindungan Kerja.

E.     Tujuan Pembelajaran :

Siswa mampu :

  1. Menjelaskan pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan benar.
  2. Mengidentifikasi tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan teliti.
  3. Menyebutkan Peralatan Keselamatan dan Perlindungan Kerja dengan tepat.

Karakter siswa yang diharapkan :

  1. Tekun ( diligence )
  2. Tanggung jawab ( responsibility )
  3. Ketelitian ( carefulness)
    1. Percaya diri ( Confidence )
    2. Keberanian ( Bravery )
    3. Hati-hati

 F.     Materi Pembelajaran :

  1. Pengertian keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  2. Tujuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  3. Peralatan Keselamatan Kerja dan Perlindungan Kerja

 G.    Metode dan Pendekatan Pembelajaran :

  1. Metode :

    a.Ceramah b.Tanya Jawab c. Penugasan

  2. Pendekatan :

    a. Individual b. Kelompok

  3. c. Pengalaman

 H.    Kegiatan Pembelajaran :

  1. Pendahuluan (5 menit) :
  2.  Apersepsi
    1. Memberikan salam pembuka
    2. Menanyakan kepada siswa tentang materi pelajaran
  1. Kegiatan Inti (5 menit) : 

    Eksplorasi :Guru menjelaskan materi pembelajaran yang meliputi pengertian keselamatan dan kesehatan kerja (K3), tujuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), dan prosedur pencegahan agar tujuan K3 dapat tercapai.

    Elaborasi :Setelah guru menjelaskan siswa diberi kesempatan untuk tanya jawab, baik guru ke siswa atau siswa ke guru.

    Konfirmasi :Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik. Guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; membantu menyelesaikan masalah, memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi, memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

  1. Kegiatan Akhir (5 menit) :
  2. Untuk lebih memperdalam materi, guru memberikan tugas mandiri
  3. Setelah memberikan tugas mandiri guru menyimpulkan inti materi pelajaran
  4. Setelah guru menyimpulkan inti materi pelajaran, guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

 

  1. Alat Atau Bahan, Media dan Sumber Belajar:
  2. Alat/ bahan :
  3. Spidol
  4. Papan tulis
  5. Media :
  6. Buku (hand out atau modul)
  7. Sumber :
  8. Buku Oleh Kusnawan, sutrisno. (2006). Prosedur Keamanan, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Yudistrira: Jakarta
  9. Buku-buku keamanan, keselamatan kerj

    J.      Penilaian:

  1. Bentuk: Tes tertulis
  2. Jenis: Uraian atau essay
  3. Alat: Buku dan alat tulis
  4. Prosedur: Merupakan pekerjaan rumah

Tes tertulis

  1. Apa yang dimaksud dengan k3
  2. Sebutkan tujuan dari k3
  3. Sebutkan Peralatan Keselamatan Kerja dan Perlindungan Kerja (sertakan gambar)

No. Kunci/Kriteria Jawaban Skor

  1. K3 adalah sebagian ilmu pengetahuan yang penerapannya sebagai unsur-unsur penunjang seorang karyawan agar selamat saat sedang bekerja dan setelah mengerjakan pekerjaanya…………… 25
  2. Tujuan adanya keselamatan dan kesehatan kerja adalah untuk tercapainya keselamatan karyawan saat sedang bekerja dan setelah bekerja, imbas dari karyawan yang selamat adalah suatu tujuan keuntungan bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri……………………… 25
  3. Pakaian pelindung, pelindung kepala, pelindung tangan, pelindung kaki, Pelindung terhadap bahaya jatuh, Pelampung, Perlindungan mata dan muka, Pelindung kulit dan tubuh, Pelindung pernafasan, Pelindung pendengaran……………………………………… 50

Penilaian :

Tingkat ketercapaian = Jumlah jawaban benar  x 100%

                                                Jumlah soal

Kriteria ketercapaian :

90% – 100%    = A : Kompeten Istimewa

80% – 89%      = B : Kompeten Amat Baik

70% – 79%      = C : Kompeten Baik

-69%    = D : Belum Kompeten

 Sangat dipastikan ini akan sangat memusingkan, terlebih dari kurangnya saya untuk mengedit, maklum saya aga sedikit malas untuk mengeditnya. Sedapat yang bisa dipahami dan dicerna, semoga bermanfaat.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s