Tugas Akhir Semester

Barangkali dan sepertinya iya, ini merupakan tulisan perdana pada situs ini. Sebagian besar tulisan yang ada, baik sifatnya resmi atau sebaliknya dan mayoritas berisi curhatan masih tertata rapi pada selembaran kertas yang menumpuk di atas meja belajar dan sebagian lagi terpampang di blog.

Baik, sekadar share saja mengenai hal yang telah saya kerjakan pada bulan kemarin. ini terkait salah satu tugas di kampus mengenai manajemen pendidikan yang saya kontrak pada semester ini. sifatnya laporan, tentang mengobservasi salah satu sekolah (pilihan sendiri) terkait pelaksanaan manajemen pendidikan di sekolah. Dan tugas tersebut, saya memilih Sekolah SD Negeri Sukajadi 3 Bandung. Saya adalah salah satu alumnus dari sekolah ini, hm sekitar tujuh atau delapan tahun yang lalu saya pernah mengenyam pendidikan tingkat dasar di sekolah tersebut. tulisan ini bersifat membangun, tapi memang pada laporannya sedikit mengkritik. Dikarenakan laporannya terlalu banyak bila harus dipampang disini, saya merangkumnya seperti ini. sebelumnya karena pasti akan banyak sekali menemui kerancuan dan kekeliruan dalam penulisan atau bahkan tidak seharusnya ditulis. Untuk mengantisipasi hal itu, dari paragraf ini saya memohon maaf karena memang patut dimaklumi saya masih belajar. :)

Begini, ini merupakan rangkuman atau abstrak dari hasil studi lapangan yang telah saya lakukan. Studi lapangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan manajemen pendidikan Sekolah, dan mengetahui seberapa jauh pelaksanaan tersebut berjalan baik dengan memperhatikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya di SD Negeri Sukajadi 3 Bandung. Hasil studi lapangan ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk bahan evaluasi atas pelaksanaan manajemen pendidikan Sekolah tersebut.

Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Manajemen Pendidikan Sekolah SD Negeri 3 Bandung meliputi: pertama: Manajemen Kurikulum, kedua:Manajemen Peserta Didik, ketiga: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, keempat:Manajemen Sarana Dan Prasarana, kelima: Manajemen Keuangan, keenam: Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat dan ketujuh: Manajemen Kelas. Dalam setiap bidang manajemen pendidikan Sekolah yang dilaksanakan SD Negeri Sukajadi 3 Bandung meliputi beberapa kegiatan yang disesuaikan dengan bidang masing-masing guna memajukan Sekolah. (2) Hasil dari pelaksanaan manajemen pendidikan di SD Negeri Sukajadi 3 Bandung cukup efektif, karena hasil yang diperoleh dari pelaksanaan manajemen pendidikan dapat menunjang tercapainya program Sekolah. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan di SD Negeri Sukajadi 3 Bandung sangat bervariasi dalam setiap bidangnya. Hal ini merupakan tantangan bagi Sekolah terutama untuk mendorong bagi para guru untuk selalu meningkatkan kinerja demi kemajuan Sekolah dan terciptanya kegiatan Sekolah yang efektif, karena tanpa faktor pendukung dan penghambat, kegiatan Sekolah tidak akan dinamis dan maju.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s